Bangun Akhiratmu…!!!

Sebuah nasihat untuk diri dan juga sahabat

Dunia adalah ladang akhirat, begitu kata Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wasallam.

Sahabat, bangunkan untukmu istana terbaik di tanah terbaik yang tidak akan pernah hancur dan binasa, bahkan akan selalu indah dan membuat insan kerasan bernaung di dalamnya. Ya, di sanalah tempatnya, Jannah.

Gambaran jannah dapat kita lihat berikut ini,

“Mereka Itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga ‘Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera Halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah.”

(QS. Al Kahfi : 31)


“Di dalam kedua syurga itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasangan. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutera. Dan buah-buahan di kedua syurga itu dapat (dipetik) dari dekat. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? Di dalam syurga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni syurga yang menjadi suami mereka), dan tidak pula oleh jin. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? Tidak ada Balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula). Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? Dan selain dari dua syurga itu ada dua syurga lagi*. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? Kedua syurga itu (kelihatan) hijau tua warnanya. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? Di dalam kedua syurga itu ada dua buah mata air yang memancar. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? Di dalam keduanya (ada macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? Di dalam syurga itu ada bidadari-bidadari yang baik- baik lagi cantik-cantik. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (Bidadari-bidadari) yang jelita, putih bersih, dipingit dalam rumah. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? Mereka tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni syurga yang menjadi suami mereka), dan tidak pula oleh jin. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? Mereka bertelekan pada bantal-bantal yang hijau dan permadani-permadani yang indah. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? Maha Agung nama Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan karunia.”

*) Selain dari dua syurga yang tersebut di atas ada dua syurga lagi yang disediakan untuk orang-orang mukmin yang kurang derajatnya dari orang-orang mukmin yang dimasukkan ke dalam syurga yang pertama.

(QS. Ar Rohman : 52 – 78)

****

Sahabat, dunia yang sedang kita tinggali ini sungguh bukanlah sesuatu yang kekal. Semuanya akan hancur dan binasa pada saatnya.

“Semua yang ada di bumi itu akan binasa.” (QS. Ar Rohman : 26)

Rumah yang kita huni, mobil atau motor yang kita kendarai, harta yang kita banggakan, gedung yang megah, kantor yang tinggi menjulang ke angkasa, kebun-kebun yang nikmat dipandang, gunung yang gagah dan perkasa, laut yang luas, samudera yang melapisi hampir sebagian besar permukaan bumi, matahari yang panas, bulan yang indah, semuanya akan hancur dan binasa pada saatnya.

Dunia ini bukanlah sesuatu yang kekal. Hanya sementara kita di sini. Kata orang bijak, di dunia ini kita ibarat seorang musafir yang hanya mampir minum sebentar saja, setelah itu kita akan pergi menuju kampung tujuan yang kekal nan abadi, yang di sanalah akan tampak mana yang benar-benar bahagia dan mana yang memperoleh derita abadi sepanjang masa.

Allohumma inna nas-aluka ridlo-ka wal jannah wa na’udzubika min sakhotika wan-nar…

Amiin Ya Robbal ‘Alamiiin…

Sahabat, bangunlah akhiratmu sekarang saat kau masih (diberi kesempatan) di dunia. Karena selepas matahari terbit dari barat atau saat nyawa sudah berada di kerongkongan, sungguh tiada lagi kesempatan bagimu. Sekarang juga, buang segala penghalang yang membuat engkau terlalaikan atas tujuanmu yang sesungguhnya, Kampung Akhirat.

“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Alloh kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Alloh telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Alloh tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.”

(QS. Al Qoshosh : 77)

 

(sebentuk penjelasan dari TRITURA no.3, Bangun Akhiratmu..!!)

 

Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

    Bergabunglah dengan 4 pengikut lainnya

  • Blog Stats

    • 24,525 hits
%d blogger menyukai ini: